Penyebab Komputer Bekerja Lambat

Komputer lambat, tentu semua menjadi jengkel. Dalam benak kita bertanya apa yang menjadi penyebabnya. Yg sering terjadi penyebabnya adalah kita sendiri yg sering lupa tidak membersihkan file-file sampah yg sudah tidak terpakai pada tong sampah windows alias recycle bin. Namun jika kita sudah melakukan pembersihan ternyata komputer masih lambat, maka beberapa penyebab lain yg sering terjadi adalah sebagai berikut:
1. Terlalu banyak aplikasi yang terinstal
Jika ingin menginstal software sebaiknya yg penting dan dibutuhkan saja, jangan terlalu banyak menginstal software yg tidak digunakan. Hal ini secara otomatis akan mengambil space komputer sehingga pada akhirnya akan mengganggu kerja komputer. Jika sudah terlanjur teinstal,anda dapat menghapusnya dengan cara meng-uninstall aplikasi tersebut dari Control Panel.
Caranya: klik Start, pilih control panel. Perhatikan gbr 1. Kemudian klik Add or Remove Program. Perhatikan gbr 2. Setelah muncul kotak doalog Add or Remove Program, pilih aplikasi atau program yg hendak dihapus selanjutnya klik remove. Perhatiikan gbr 3.









2. Banyak file sampah
Ketika menghapus file yg tidak digunakan, tidak secara otomatis file tersebut akan terhapus dari hardisk. sebenarnya masih tersimpan dlm folder Recycle Bin, dan jk kita ingin mengambil file tersebut masih bisa.
Hapuslah file2 dlm Recycle Bin karna seluruh file tersebut masih mengambil ruang hardisk. Pastikan anda telah memilih file yg benar2 tdk digunakan lagi.
Cookies jg merupakan file sampah yg harus dibersihkan. File tersebut akan selalu muncul ketika sedang melakukan koneksi ke jaringan internet. Anda bisa menghapusnya dlm internet Options pd masing2 browser (IE,Mozilla,Netscape,dll) yg digunakan.
Selain Cookies, History jg mempengaruhi sistem komputer. Semakin banyak history yg tersimpan smakin besar pula memori yg dibutuhkan. Bersihkan History pd menu Tools> Internet Options pd masng2 browse yg digunakan.

3. Pada Start Up banyak aplikasi yg harus dijalankan
Beberapa software ketika pertama kali diinstal menyediakan pilihan yaitu: ikon ditambahkan pd dekstop dan ikon ditambahkan pd Tasknar Quick Launch. Sebaiknya tak perlu meletakkan ikon program trsbt karna ketika pertama kali sistem operasi bekerja (star up) maka akan membutuhkan waktu lama untuk mengaktifkan program trsbt.

4. Scandisk dan defragmentasi kurang rutin

Komputer yg sering digunakan jg memerlukan penyegaran, salah satunya adalah dgn cara melakukan Scandisk dan Defragmentasi scra rutin min 1 bln sekali. Idealnya 1 mgu sekali, tergantung frekuensi penggunaan komputer. Meskipun sesuatu yg sepele, namun sering dilupakan banyak org.

5. Pilihan kinerja yg tidak tepat

Windows XP menyediakan dua pilihan yaitu Adjust for Best Appearance atau Adjust for best app maka lebih mengutamakan penampilan sehingga kinerja komputer memerlukan komputer yg lebih. Sedangkan jk memilih Adjust For Best Performance mk lebih mengutamakan kinerja komputer dibandingkan penampilan sehingga tampilan windows XP akan nbampak seperti biasa tanpa efek bayangan ataupun mengkilap seperti windows versi sebelumnya.

6. Kesalahan Shutdown

Komputer yg sangat lambat bekerja membuat kita kesal dibautnya, makin hari makin lambat ja. Kadang2 komputer langsung Hang scara mendadak ketika sedang asyik bekerja. kita akan mematikan komputer tersebut dgn cara menekan tombol Restart atau Booting. Hal ini dikarenakan kita tidak bisa mematikan komputer melalui proses Shutdown karena semua tombol keyboard tdk berfungsi.
Apabila sering mematikan komputer melalui tombol Booting, lama2 bisa mengakibatkan sistem operasi tidak berjalan normal dan hardisk akan mengalami kerusakan (bad sector). Hal ini akan memperparah keadaan karena file2 sistem yg ada pada bad sector tdk dpt terbaca sehingga komputer sering mengalami hang.

0 Response to "Penyebab Komputer Bekerja Lambat"

Posting Komentar