Pentingnya Manajemen BACKUP Data

Manajemen backup data ini yg dimaksud adalah melakukan proses penyalinan semua data dan menyimpannya ke dalam media lain yg terpisah dari media aslinya. Proses penyalinan data ini bisa dilakukan secara berkala, seperti dilakukan dlm waktu mingguan, bulanan, tahunan tergantung dari banyaknya input data yg terjadi dlm rentang waktu tersebut.
Sedangkan media yg digunakan untuk backup data ini pun beragam tergantung pada data yg disimpan. Bila data yg disimpan bersifat sementara, maka user bisa menggunakan hardisk cadangan yg terpasang pd PC. Tetapi bila data yg akan disimpan bersifat permanen, maka media penyimpanannya pun harus dipilih secara selektif, dan yg pasti media penyimpananya harus mempunyai usia yg panjang.

Media Penyimpanan:

1. Flashdisk


Flashdisk adalah media penyimpanan portabel yg mampu menggeser dominasi floppy disk yg telah bertahan puluhan tahun.
Flashdisk ini merupakan salah satu media penyimpanan yg cukup flexibel dan mempunyai daya tahun yg lebih kuat dibanding media penyimpanan yg lainnya. Hal ini dikarenakan flashdisk menggunakan chip sebagai media penyimpanannya.
Sebenarnya flashdisk adalah media penyimpanan yg paling bagus. Selain ukurannya yg relatif kecil,juga penggunaannya yg cukup mudah, karena saat ini hampir semua PC baru telah dilengkapi dgn koneksi USB, dimana konektor flashdisk jg menggunakan USB.
Tetapi dlm kenyataanya,flashdisk ini lebih cenderung digunakan sbg media transfer data semata, bukan sebagai penyimpan data murni. Padahal bila menggunakan flashdisk sebagai media penyimpan data murni, maka usia data yg tersimpan relatif aman.


CD/DVD adalah media penyimpanan dgn kapasitas yg besar dgn harga yg relatif murah.Untuk keping CD sampai saat ini memang masih banyak digunakan sbg media penyimpanan, meski era DVD sudah mulai menggerus pengaruh CD.
Melakukan Back Up data

0 Response to "Pentingnya Manajemen BACKUP Data"

Posting Komentar